Boardinghouse’s child aka bocah kost-kostan

|




Assalamualaikum guys,

Pernah gak jadi anak kost? Pasti sebagian dari kalian ada kan yah yang pernah atau sampai sekarang masih jadi anak kost (include me). Yaaa, selama kuliah di di UNS, aku ngekost di sebuah kost-kost an di belakang kampus, selama hampir 4 tahun. Kok ga pindah? Males. Hhehehe

Sebenarnya, apa sieh yang buat kita betah di kost? Dan apa aja sih lika liku jadi anak kost? Hmmm, lets me explains one by one yaa:

1.     Sudah klop sama kostnya
Ini nih, kalau uda cocok ama penghuni kost, biasanya malas untuk pindah kost. Which is, harus kenalan, sosialisasi lagi, mengakrabkan diri lagi, iyaa kan? Apalagi bagi pribadi yang pendiem, pasti akan sangat malas untuk memulai percakapan dengan penghuni baru.
Kalau aku sieh, bukan karena urusan orangnya. Susah cari kost an yang pas ama kantong, soalnya aku suka banget nieh buat belanja buku, so uangnya better if I use it to buy some book.
Disamping itu, sudah kena; baik dengan tetangga sekitar. Ini penting, apalagi untuk perantauam. Dengan mengenal lingkungan dengan baik kiya dapat dengan baik pula bersosialisasi dengan lingkungan yang lebih luas.

2.    Males pindahan barang2 nya
Nah, ini aku nih, paling males mindahin barang-barang yang ternyata banyak juga yaa, jadi enak. Hehehehe.
Iyaaa, kalau gak ada acara mindahin barang-barang mungkin udah pindah-pindah kostan aku. Xixixixixi…
Yaaa, tapim tetep ajaa yang namanya mau pindah, barang juga harus ikutan pindah dong yaaa…..

3.    Awal bulan mukjizat, akhir bulan musibah
Yak, saat awal bulan, saat kiriman masih fresh-fresh nya… pasti aka nada yang namanya perabikan gizi untuk beberapa hari kedepan dan nantinya saat akhir bulan mulai irittt…hehehee. Mentok, telp orang rumah buat kirim lagi, uhug. Alhamdulillah, aku cuckup dalam hal ini, bisa makan apa yang ingin aku makan, bisa membeli apa yang ingin aku beli dan bisa menabung, sedikit demi sedikit. Hehehehe.
Saranku: kalau awal bulan (yang sistemnya uda dijatah ama ortunya) jangan langsung dihabisin yak, satu dua hari boleh lah khilaf makan yang mahal2, tapi inget, masih ada beberapa puluh hari kedepan yang perlu dilewati. Masak mau minta lagi? Malu donk, cara paling aman adalah cari uang tambahan sendiri, bisa wirausaha, ngasih les buat anak-anak sd smp or sma, jadi asisten, buka rental di kost an kalao perlu, hahahhaa.

4.    Nyunye
Sebenarnya bukannya saya tidak mau atau tidak mampu ke laundry. Bahkan sampai sekarangpun, saat udah kerja (Alhamdulillah udah berpenghasilan sendiri) saya tetep nyuci dan nyetrika baju sendiri. Entahlah, saya merasa kalau ini merupakan kegiatan selingan yang pas sekaligus untuk olahraga tangan. Kalau nyetrika agak ((terpaksa) si yaaa, lebih capek. Untuk nyuci,memang saya lebih suka nyuci sendiri, lebih percaya dengan kekuatan tangan senidri.
Prinsip saya si ya, selama masih bisa melakukannya, yaa lakukan saya, toh tidak membuang banayak waktu untuk mencuci. Lebih tau letak kotornya dimana, lebih tau mana baju yang harus dicuci dengan kekuatan ekstra atau yang tinggal peres abies rendem, wkwkwk.
So, it’s one of the main activities that make me so helath, haiyah…xixixixi

5.    Beberes kamar sendiri
Kamar kost, meskipun kita sewa, tetep donk harus diberesin sendiri, masak mau temen sebelah kamar yang beresin.. hmmmm. Ini sebenernya melatih sikap mandiri kita. Kebersihan dan kerapian kamar kost merupakan cerminan kita sehari-hari loh, gak mau kan, di cap sebagai anak yang jorok, yang gak pernah bersih-bersih kamar.

6.    Tugas bersih2 kost an (biasanya giliran lah yaaa)
Bersih kost-kost an, bagi kost annya yang tanpa ibuk2 tukang bersih-bersih, hehehe. Ini bisa jadi ajang untuk menunjukkan kekompakan loh ternyata, dengan bersih bareng-bareng pasti akan terasa tuh gotong royongnya, dan pasti akan sangat puas saat udah bener2 bersih tuh kost an.
Jadi inget sebuah hikmah:
Annadhofatul minal iman è kebersihan adalah sebagian dari iman

7.    Nonton filem bareng
Ini nieh yang seru, apalagi kalau filmnya horror, bakal jerit rame-rame, sok sok an pula pintu kamar ditutup dan lampu kamar dimatiin. Bahkan, dulu saya sempet denger jeritan kost depan. Lalu tersenyum sambil batin “ pasti lagi nonton pilm horror”. Hahaaaa
Lalu, kalo film nya sedih, pasti akan nangis bareng-bareng juga. Biasanya sie, berdasar pengalaman, yang paling sering bikin nangis adalah drama dan film Korean. Huhuuu
Ngakak bareng, siapa sie yang mau ketawa-keatawa bareng, dengan nonton film komedi, pasti akan ngakak, itu naluri guys, gak bisa dibantah atau disingkirkan, hehehe.
Film romantic sieh, biasanya akan saling senyum senyum sendiri gak jelas, trus bilang “duhh, so sweet yaa”

Itulah, sedikit cerita saya tentang anak kost an. Tepatnya saat saya masih berstatus mahasiswa. J

Bagaimana dengan ceritamu????

Jakarta, 15 Juli 2012, 10.00 PM, saat mati lampu

2 comments:

Unknown said...

hahahaahahaha.... hahahahahahaha...
imut banget blogmu nupz...

Novita Rosyida Hilmi's said...

wahahaaa, koyo wong e ,mas...heee

pripun ki kbare dek dea? sehat mawon?

Post a Comment