Dan kau pun bisa jadi hebat!!! (Catatan Mantan Seorang PU…….)*

|


gambar: koleksi pribadi

Hari ini, tanggal 7 Mei 2011 tepatnya, saya menghadiri sebuah acara sekaligus menjadi pembicara yang diadakan oleh anak-anak LPM EUREKA Tahun Kepengurusan 2010/2011 guna menyambut dan membekali anak-anak yang baru masuk dan tentu ingin mengenal lebih dalam, apa, bagaimana dan pertanyaan lain seputar LPM yang mereka masuki. Acara tersebut adalah LDO (Latihan Dasar Organisasi). Pelatihan ini diadakan di Ruang Seminar II Fakultas Teknik UNS. Pengen tahu lebih jauh tentang acara ini? Check this out……

Acara pertama dimulai dengan registrasi peserta yang akan mengikuti pelatihan, acara dimulai pukul 09.30, sedikit melenceng dengan jadwal yang ditetapkan yaitu pukul 09.00 (yaaa, seperti kebanyakan kebiasaan yang agak ngaret,  ). Pembukaan, sambutan pimpinan umum yang baru yaitu Ilham Akbar Nasution, dilanjut dengan sesi pelatihan pertama, lebih tepatnya penyampaian materi berkenaan dengan keorganisasian. Disini, saya diamanahi untuk memberikan materi seputar LPM secara umum, Organisasi dan tentu saja LPM EUREKA sendiri. Dengan bermodal data-data masa lalu, pengalaman yang saya dapat dan beberapa pengetahuan yang saya ambil dari internet, cukup memuaskan adek-adek yang datang. Lebih banyak saya buka sesi diskusi daripada penyampaian materi, karena pasti akan “boring” dan ngantuk kalau hanya melulu penyampaian materi, hehehe. Saya melihat, antusias adek-adek yang datang mengikuti pelatihan sangat kentara, terlihat dari banyaknya mereka mengajukan pertanyaan, kritis menanggapi jawaban dan tentunya semangat yang menyala-nyala saat mengikuti pelatihan.

Satu materi selesai, lanjut dengan materi selanjutnya, yaitu Teknik Penulisan artikel. Materi ini disampaikan oleh Lasinta Ari Nendra Wibawa, selaku Pimred tahun kepengurusan 2009/2010. Beliau menyampaikan materi tentang teknik-teknik dasar dalam menulis sebuah artikel, baik berupa kolom, tajuk maupun yang lainnya. Disamping itu, sesi tanya jawab bertambah seru tatkala membahas pemuatan tulisan (karya tulisan) ke media massa baik local maupun nasional. Adek-adek terlihat begitu antusias. Yaa, siapa yang enggak mau apabila tulisannya dimuat di mediamassa, dapat komisi pula? Xixixi… Dilanjutkan dengan sesi pelatihan penulisan langsung. Peserta dibebaskan menulis sesuai dengan keinginannya terkait dengan pengalaman yang didapat selama dua kali sesi penyampaian materi. Terdapat beberapa tulisan yang memang bagus baik dalam penyampaian materinya maupun teknik penulisannya.

Next, kita belajar menggambar. Memang, tidak semuanya bisa menggambar. Tapi siapa yang menyangka, apabila nantinya, berawal dari iseng dan coba-coba dapat menelurkan sebuah karya yang spektakuler. So, tidak ada salahnya jika kita bersama-sama mengikuti pelatihan menggambar, tepatnya karikatur bersama Saudara Rizky Antofagasta, atau yang biasa dipanggil Vagasta. Beliau masih aktif di Jurusan Arsitektur UNS. Hal pertama yang diajarkan adalah teknik dasar dalam menggambar, terkait alat-alat yang digunakan untuk menggambar, pola garis, arsiran, teknik membuat bidang, kepala dan badan agar membentuk gambar yang baik. Selain itu, beliau juga membuka sesi pelatihan menggambar langsung. Waw, terlihat wajah adek-adek yang senang, bercampur bingung, kaget, dan berbagai macam ekspresi lainnya, hehehe. Untuk selanjutnya, pemateri memberikan saran dan kritiknya terkait dengan hasil gambar yang dibuat oleh adek-adek.

Setelah acara pelatihan menggambar selesai, pelatihan hari ini dicukupkan. Terdapat tiga materi yang disampaikan yaitu keorganisasian, teknik dasar penulisan dan pelatihan menggambar. Hari esoknya akan dilanjutkan dengan pelatihan lainnya yang tak kalah seru pastinya. Para adek-adek baru yang bergabung di EUREKA akan dibekali cara layout majalah ataupun bulletin, reportase langsung dan teknik pengambilan gambar (fotografi) yang disampaikan oleh sahabt dari LPM Kentingan.
Semoga pelatihan yang diadakan hari ini dan besoknya (tanggal 8 Mei 2011), dapat memberikan kontribusi baik banyak ataupun sedikit. Banyak ataupun sedikit tergantung dari pengamalan penerima materi. Saya melihat semangat yang luar biasa dari adek-adek ini. Senyum terlontar dari bibir saya secara reflek saat melihat mereka keluar ruangan setelah selesai pelatihan. Dalam hati saya berdo’a, “kalian bisa berkontribusi banyak, kalian bisa menjadikan EUREKA lebih maju, kalian bisa bermanfaat untuk orang lain dan tentunya kalian bisa jadi HEBAT”. Jaga terus semangat kebersamaan ini, jaga terus kekompakan, jangan jadikan ketiadaan sekre sebagai kambing hitam untuk tak berkarya, buatlah acara hebat yang menggemparkan bumi Teknik pada khusunya, UNS pada umumnya. Buktikan bahwa kalian BISA dan BISA…… Be productive, creative, innovative and so friendly.

^^Luv you guys, terimakasih buat kakak-kakak pendahulu LPM EUREKA yang telah banyak memberi support dan ilmunya kepada kami, don’t forget us, keep contact always…..^^

*mantan PU LPM EUREKA tahun kepengurusan 2009/2010

0 comments:

Post a Comment