Ramadhan, aku siap menjemputmu :)

|



                                            pic by: thesandy.wordpress.com

Assalamualaikum.wr.wb

Ini bulan apa ya? July? Iyaa, july, selain itu? emmmm…… sya’ban sodara-sodara. Iyaaa, Sya’ban dalam kalender Hijriah, itu berarti, sebentar lagi kita akan bertemu dengan bulan yang suci, bulan penuh berkah, ampunan dan limpahan pahala. RAMADHAN. Siapa yang gak suka kalo ramadhan datang? Angkat tangan, hehehe.

Biasanya nie, sebelum Ramadhan, apa ajaa sie yang mesti kudu harus dan wajib disiapin? Baju baru? Mukena baru? Sajadah baru? Sarung baru? Hmmmm, bisa sie bisa, dengan niatan, semoga memakai yang “baru-baru” itu kita bisa lebih khusyuk beribadah, lebih dekat dengan Alloh dan yang pasti bisa menjadi manusia unggul setelah ramadhan. Siapa yang mau?

Oke, sebenarnya. Selain yang “baru-baru” itu yang harus dipersiapkan, kenapa sie, kita tidak melihat lagi ke dalam diri kita secara lebih mendalam dulu. Sudah siapkah saya, kamu, mereka dan kita tatkala ramadhan datang? Siap secara lahir dan batin ya tentunya, J. Mari kita liat dan telisik lebih jauh.

Persiapan lahir

Emmm, tentunya, melaksanakan kewajiban puasa selama sebulan penuh sudah menjadi “rutinitas” tahunan tiap muslim dan muslimah di segala penjuru dunia. Yaa, bulan itu ada dan datang tiap tahunnya. Berat? Tergantung dari pribadi masing-masing menyikapi dan menjalaninya. Fitrohnya, kita harus senang dan menyambut dengan baik datangnya bulan ramadhan ini. Untuk itu, diperlukan persiapan lahir. Yaaa, saya menyebutnya seperti itu. apa saja yang bisa kita persiapkan untuk menyambut ini dan tidak “kaget” jika kita tiba2 puasa sebulan penuh (kecuali yang berhalangan) dan melakukan ibadah-ibadah yang (mungkin) sebelumnya tidak maksimal pelaksanaannya, seperti saat ramadhan datang. Betul gak? Ayoo ngaku yang biasanya gitu. Hehehe.

Eniwei, sebenernya kita perlu untuk menyiapkan “persiapan lahir” ini jauh-jauh hari sebelum ramadhan datang. Mau tau caranya?

1.     Puasa sunnah
Puasa sunnah, pasti sebagian besar kita pernah atau malah seing melakukannya kan. Disamping untuk “amunisi” menjelang ramadhan, pastinya pahala pada mau kan. Tapi itu tergantung dengan keihlasan dan kesungguhan kita dalam menjalankannya.
Puasa sunnah, ada bermacam-macam, antara lain (sok resmi, :P) :
a.    Puasa senin – kemis
b.    Puasa daud (sehari puasa dan sehari tidak)
c.    Puasa pada tanggal 13, 14 dan 15 tiap bulan Hijriah
d.    Puasa Sya’ban
e.    puasa syawal (jelas dilaksanakan setelh Idul Fitri)
f.    dll, CMIIIW yaa reader, ditambahi juga boleh, J

2.    Solat sunnah
Solat sunnah banyak dan bisa dilakukan sepanjang hari. Dan jumlah roakaatnya pun anjurannya berbeda-beda. Ini nih macem2 solat sunnah yang sering dilakukan.
a.    Solat Rowatib (solat sunnah yang mengiringi solat wajib, ada yang sebelum, setelah dan sebelum-setelah)
b.    Solat Dhuha (solat yang dilaksanakan waktu dhuha, kira-kira jam 7 am – 11 am). Baiknya minimal 4 rokaat, bisa 12 rokaat lebih bagus. J
c.    Solat tahajjud (solat ini paling baik dilakukan di sepertiga malam). Boleh min 2 rokaat. Mau lebih yoo monggo.
d.    Solat Tobat (dapat dilakukan saat solat tahajud sekalian)
e.    Solat Hajat
f.    Solat witir
g.    Dll, tambahin

Sebenarnya, masih banyak solat-solat sunnah lainnya, akan tetapi, kalau kita bisa melaksanakan beberapa macam solat sunnah di atas, menurut saya sudah good, J

3.    Tilawatil Qur’an
Ini nih, kadang yang susah dan males ngelakuin. Baca AlQur’an. Padahal, dengan baca ini, bisa membuat hati nyaman, tenteram, apalagi dengan pemahaman akan artinya dari terjemahan. Lebih baik lagi kalau mengamalkan apa yang ada di Alqur’an dalam kehidupan sehari-hari. Wanna? Let’s do it.
Baca Alqur’an harus dilakukan tiap hari, meski hanya beberapa ayat, dengan membacanya tiap hari, kita akan tetap terjaga dan “tidak lupa” dengan tata cara bacaan AlQur’an. Coba saja seminggu tanpa baca AlQur’an, saya rasa, saat membacanya lagi, pasti akan kagok dan ada kesalahan-kesalahan yang dilakukan saat baca.
Betewe, alangkah baiknya, kalo dibaca tiap hari yah. Amiiinnnn.

4.    Baca buku
Sebenernyaa, ini berdasar pada hobby saya yang notabene suka baca dan nulis. Hehehehe. Jadi, ga ada salahnya menjelang ramadhan kita persipakan dengan membaca. Tidak harus buku sih, jaman uda canggih gini. Hehehe. So, bacalah buku atau artikel atau berita apapun yang bermanfaat. Okeee????
5.    ………………………………
6.    ………………………………
7.    ………………………………
Tiap orang punya persipaan lahir masing-masing, so silahkan isi sendiri yaa.

Next, lanjut ke persiapan berikutnya, yaitu persiapan batin.

Persiapan ini, sebenarnya gak jauh-jauh ama yang namanya badan. Iyaaa. Persiapan ini juga perlu. Kalau stamina gak fit, pasti saat puasa juga tambah loyo, bawaanyya males-malesan. Padahal, lebih baik diisi dengan hal-hal yang menumbuhkan kreatifitas, bakat dan produktifitas diri. So, supaya tetap sehat selama puasa, berikut tips nya:
1.     Olahraga
2.    Jangan tidur lagi setelah menunaikan solat subuh, atau sahur. Tidur dapat dilakukan after dhuhur bagi yang free yaa, hehehe :P.
3.    Makan makanan yang bergizi, seperti sayuran, buah, lauk pauk yang cukup plus susu
4.    Satu yang paling penting. Bersihkan hati dari sifat-sifat yang dapat merusak kebersihan hati, seperti: sombong, iri, hasut. Dll.
5.    ………………..
6.    ……………………..

You can answer it by yourself, J

Saya rasa, tulisan saya sudah cukup untuk malam ini. Kapan waktu kita sambung lagi, sudah malem coy, besok harus masuk kerja. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi semuanya dalam persiapan sambut ramadhan, bulan suci yang selalu saya dan kita semua nanti-nantikan. sudah siapkah kalian??? Happy Sya’ban Month everybody. Keep helath, spririt, handsome and beautiful,,, ;)

Wassalamualaikum.wr.wb

Jakarta, 8 July 2012, 21.00 PM

0 comments:

Post a Comment