Kamu vs lingkunganmu

|


Kamu akan terbentuk sesuai dengan lingkunganmu

Itu statement yang saya temu dan saya amati atau mungkin yang saya jalani. Bagaimana sebuah lingkungan dapat memberikan pengaruh yang begitu mendalam bagi pembentukan kepribadian seseorang. Sebuah lingkungan yang baik, pastinya akan menularkan energy yang baik. Pun bagi lingkungan yang jelek pasti akan menularkan energy yang jelek.

Tak satupun yang tahu dari diri kita bagaimana kita akan dapat masuk dalam lingkungan yang baik ataupun buruk. Karena itu sesuatu yang pastinya sudah ditakdirkan oleh Alloh SWT. Akan tetapi, kita dapat memilih.

Kita diberikan kebebasan untuk memilih lingkungan seperti apa yang akan kita jalani, lingkungan apa yang akan kita mau, dan lingkungan apa yang akan membentuk pribadi kita.

Terlepas dari itu semua, pastilah kita mengetahui jika hidup sejatinya untuk dapat menjalankan sesuai dengan kehidupan. Bukan apa yang akan kita jalani kemudian tanpa tahu arah mana yang akan kita capai. Itu tidak akan membuat hidup kita baik-baik saja. Dengan perencanaan yang baik dan adanya pengelolaan yang baik pula bagi hidup, pastilah kita akan dapat damai hidup di bumi ini, bahkan nanti di alam yang kita tidak pernah tahu seperti apa wujudnya.

Nyata sekali jika lingkungan sangat berpengaruh dalam membentuk kepribadian seseorang. Lingkungan tidak hanya terbatas pada lingkungan keluarga, akan tetapi lingkungan non keluarga. Misalnya lingkungan sekolah, tempat les, tempat mengaji atau bahkan lingkungan dalam berorganisasi. Semua itu berperan penting dalam membentuk suatu kepribadian personal yang nyatanya akan membentuknya menjadi pribadi yang sekarang.

Saya jadi ingat akan suatu hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Dawud, dimana:

“barangsiapa meniru-niru tingkah laku suatu kaum, maka dia tergolong dari mereka” (HR Ahmad dan Abu Dawud)

Bahkan dengan meniru-niru tingkah laku suatu kaum saja kita dapat digolongkan bahagian dari mereka.

Jadi, sudah jelas bukan ingin memilih lingkungan atau golongan yang mana dalam bergaul? Choose your choice.. ^^

 

Jakarta, 12.12.2013, 6.16 PM, Kost-an

0 comments:

Post a Comment