memanage waktu

|


waktu, banyak definisi yang melekat padanya, waktu adalah sesuatu yang tidak dapat diulangi, sesuatu yang tidak dapat diacuhkan begitu saja keberadannya. sebagian dari kita mempunyai cara sendiri2 dalam mendefinisikan, memanfaatkan dan meluangkan waktu. ada yang waktunya hanya untuk main-main, nongkrong g jelas, ada juga yang waktunya hanya untuk berbuat kejahatan di muka bumi. akan tetapi, ada juga sebagian orang yang sampai merasa sangat kekurangan waktu karena banyaknya kegiatan yang dilakukan terutama dalam hal positif yang dapat memberi manfaat untuk orang lain. jadi waktu yang ada dia gunakan sebaik-baiknya untuk melakukan hal yang tidak menyimpang.

orang dengan mobilitas tinggi pasti mempunyai banyak rencana untuk memperoleh apa yang menjadi keinginan dan harapannya. segala sesuatu akan dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut (dalam hal yang baik2 pastinya), dengan pedoman time is money.
but, terkadang kita masih terbentur dengan benar bagaimana memanage waktu yang baik. saya ada sedikit tips nih, semoga bermanfaat:
1. targetkan apa yang menjadi mimpi kita mulai dari sekarang, lalu cari tahu hal apa saja yang kita butuhkan untuk mencapai target tersebut.
2. buatlah jadwal kegiatan anda sehari-hari mulai dari anda bangun sampai tidur lagi. aturannya, sebelum anda tidur tuliskan kegiatan esor hari yang bakal anda lakuin, atau kegiatan yang sifatnya masih lama tapi ingin dilakukan, tulis saja, buat jadwalnya.
3. lakukan apa yang telah anda tulis sesuai di jadwal (bisa menambah atau mengurangi kegitan, fleksibel asalkan itu memang sesuai dengan kehendak anda)
4. breakdwon kegiatan-kegiatan anda kedalam ranah yang lebih kecil agar mudah untuk membuat prioritas kegiatan mana yang akan dilakukan terlebih dahulu. kalau perlu buat semacam kuadran untuk memudahkan anda dalam membuat jadwal mengenai kegiatan yang penting, mendesak dll.
5. evaluasi, sebelum tidur dan membuat jadwal baru untuk esok hari hendaknya anda mengevalusi jadwal anda, apakah ada kegiatan yang belum dilakukan, sudah dilakukan tapi belum maksimal, atau ada kegiatan baru yang tiba2 anda lakukan. hal ini perlu untuk mengetahui seberapa efektif kegiatan yang anda lakukan dan seberapa berhasilnya anda menyelesaikan kegiatan2 yang anda susun sendiri.
nah, semoga ulasan singkat saya ini dapat memberi kontribusi untuk orang lain. arigato...^^

rabu, 16 maret 2011, setelah kuliah KWU
berdasrkan ilmu yang didapat setelah kuliah dan pengamatan sekeliling

0 comments:

Post a Comment